Tuesday, October 29, 2013

Buah jambu air merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan, rasanya pun sangat enak dan manis. Buah jambu air tergolong mudah dalam penanaman, cara menanam jambu air bermacam – macam, dapat dengan cara okulasi, cangkok, ataupun cara alami melalui biji.



Langsung saja,
pertama kita akan membahas mengenai penanaman cara biji.
Pilih biji yang berasal dari varietas unggul, berumur sekitar lebih dari 5 tahun. Biji berasal dari buah yang masak pohon, yang besarnya normal & tekstur mulus. Biji angina – anginkan biji hingga kering selama 1 sampai 3 hari di tempat yang teduh.

Kedua dengan bibit okulasi atau cara sambung
Cara menyambung tanaman yang terbaik adalah sambungan celah. Batang bagian bawah berasal dari bibit hasil perbanyakan dengan biji, dan sedangkan pucuk berasal dari pohon induk yang unggul. Setelah disambung, maka bibit dipelihara dipolybag selama sekitar 2 sampai 3 bulan sebelum bibit ditanam langsung.

Ketiga dengan cara bibit cangkok
Untuk bibit cangkok, pilih tanaman yang unggul & produktif. Cabang yg dipilih tidak boleh terlalu tua atau terlalu muda, berwarna hijau keabu – abuan atau kecokelatan dengan diameter setidaknya 1,5 cm. Setelah 2 atau 2,5 bulan akan nampak akar, potong cangkokan, dan tanam dipolibag dengan media campuran pupuk kandang & tanah. Bibit dipelihara di media polybag selama kurang lebih 1 bulan sebelum ditanam.
Untuk cara penanamannya, tanam bibit ke dalam lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. Waktu penanaman sebaiknya tepat pada awal musim hujan atau pada sore hari.

Pemupukan jambu air, sebaiknya dilakukan sebelum atau setelah berbuah, dan lebih baik setelah melakukan penyiangan. Jika dipupuk pada saat masa akan berbuah maka calon buah akan rontok.
Tanaman jambu air berbuah setelah sekitar berumur 1 sampai 2 tahun, pohon akan berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun. Dan musim buah biasanya pada bulan Juli dan September, biasanya satu bulan berikutnya setelah masa produksi, buah sudah masak. Buah yang siap panen dapat dilihat dengan ciri – ciri warna dan besarnya buah. Warna kulit berdasarkan tingkat kematangan yaitu hijau muda, hijau tua, hijau dengan sedikit warna merah, hijau merah atau merah hijau, dan jika sudah masak warnanya merah tua.

Sekian cara menanam jambu dengan tepat dan benar, semoga hasil dapat maksimal dan berbuah lebat sesuai dengan yang diinginkan.

0 comments:

Post a Comment